Jumat, 18 November 2011

UNIQUELY WOMEN
Wanita, tidak habis-habisnya mahkluk yang diciptakan Tuhan sebagai pendamping kaum Adam ini, dibicarakan dalam berbagai kesempatan. Bahkan, seorang teman saya, berkebangsaan Australia yang sedang memperdalam ilmu Rekayasa Genetika, secara berseloroh pernah mengatakan, “Tuhan pasti sedang dalam kondisi terbaiknya saat menciptakan wanita.” Katanya lagi, secara genetik, perempuan yang diciptakan dengan karunia kromosom XX, dianggap para ahli di bidang ini sebagai komposisi gen yang terbaik. Sedangkan kaum pria yang dikarunia kromosom XY, dianggap membawa “kutukan” dalam gen mereka karena adanya kromosom Y tersebut. Walaupun ini dikatakan secara bercanda tapi menurut saya, hal ini sebuah pengakuan menarik dan tentunya juga sebuah sanjungan. Wanita adalah perpaduan sempurna dari kelembutan dan keindahan yang menjelma menjadi sebuah kekuatan dasyat, yang sulit dicari tandingannya. Sebagai wanita kita dilahirkan dengan memiliki berbagai macam keuntungan dan kesenangan.
Perempuan diciptakan Tuhan dengan hal-hal istimewa, ingin tahu buktinya?

1. Begitu hebatnya seorang Ibu, sampai-sampai surga yang didambakan hampir setiap orang, diletakkan di bawah telapak kakinya. Dalam sebuah kisah diceritakan, seorang sahabat bertanya pada Rasulullah, siapakah yang paling utama untuk dihormati?, Rasulullah menjawab, Ibu, Ibu, Ibu dan Ayah. Begitu utamanya kedudukan seorang Ibu sehingga seorang Ayah hanya menduduki peringkat keempat.

2. Tuhan lebih mempercayai seorang perempuan untuk membawa kehidupan baru ke dunia, karena mengandung selama sembilan bulan dan melahirkan anak bukan sebuah perkara mudah. Bahkan, nyawa pun taruhannya. Bagi pria hal yang menakjubkan ini tidak akan pernah mereka alami. Sehingga untuk memuaskan rasa penasaran mereka bagaimana jika kaum pria hamil, dibuatlah Arnold Schwarzenegger bisa hamil dalam Film Junior atau pengakuan Prof. Vinod Purani dari India, yang mengklaim telah menemukan bukti, bahwa laki-laki India kuno dapat melahirkan dengan meminum air jimat (baca Versi 01 hal 48). Namun seorang Ibu yang baru saja melahirkan anak keempatnya, ketika saya minta pendapatnya mengatakan, “Percayalah, seorang laki-laki tidak didesain untuk hal ini, sehebat apapun dia.”

3. Sosok wanita adalah cerminan kokohnya sebuah Negara, karena wanita adalah tiang Negara. Luar biasa bukan? Tiang yang kokoh dan kuat akan menyanggah bangunan supaya tidak rubuh dan tetap berdiri megah. Sebaliknya jika tiang-tiangnya rapuh dan keropos sudah pasti suatu bangunan akan rubuh dan hancur.

4. Bagi wanita, menstrusi yang datang setiap bulan, walaupun terkadang menyakitkan, tetapi dapat pula dipakai sebagai alasan, misalnya jika sedang tidak ingin ke kantor di tengah cuaca dingin musim hujan. Bagi pria tentunya akan dianggap tidak waras jika memakai alasan ini.

5. Seorang wanita dapat dengan bebas memilih, ingin jadi apa setelah menikah, menjadi wanita karier atau ibu rumah tangga saja. Dan jika dia memilih ingin menjadi dua-duanya maka, wanita ini akan masuk dalam kelompok SUPERWOMAN. Tapi jika seorang pria memilih, untuk tinggal di rumah dan mengasuh anak, jangan berharap akan mendapat sebutan bapak rumah tangga, justru cibiran dan sindiran serta dicap sebagai laki-laki pemalas yang akan diterimanya.

6. Wanita lebih kuat, mungkin inilah salah satu dasar mengapa wanita yang dipilih Tuhan untuk megemban tugas mulia yaitu melahirkan. Dan mungkin ini pula, salah satu alasan mengapa jumlah wanita jauh lebih banyak dari jumlah pria. Wanita memiliki daya tahan dan adaptasi terhadap seleksi lingkungan yang jauh lebih baik, ketimbang pria. Salah satu penemuan menyebutkan wanita lebih tahan lapar lebih lama dibandingkan pria. Jadi jika kemungkinan terburuk terjadi, misalnya terjadi bencana kelaparan, siap-siaplah kaum pria tereliminasi lebih banyak. Wanita itu lemah? Sudah pasti itu adalah pendapat diskriminatif.

7. Dari segi fisik, dari ujung rambut hingga ujung kaki wanita adalah sumber inspirasi dan kreatifitas. Leonardo Da Vinci sudah membuktikannya, saat melukis senyum Monalisa yang sangat terkenal. Atau yang lebih kontroversial misalnya, coba pikirkan, kira-kira apakah majalah yang didirikan Hugh Hefner akan berkembang pesat dan laris manis jika menggunakan pria sebagai modelnya?. Sebuah pengakuan blak-blakan, bahkan datang dari Arswendo Atmowiloto, dalam sebuah tulisannya ia mengatakan, “Saya menyukai payudara.”

8. Wanita memiliki kebebasan dalam mengekspresikan diri. Dalam berbusana misalnya, seorang wanita dapat dengan bebas memakai celana panjang jika sedang ingin tampil praktis. Namun dapat dipastikan seorang pria yang memakai rok akan dipertanyakan orientasi seksualnya, kecuali kilt, busana tradisional pria khas Scotlandia. Wanita juga lebih bebas untuk mengekspresikan perasaannya, kaum wanita tidak perlu canggung jika ingin menangis tersedu-sedu saat menonton film sedih atau menjerit-jerit ketakutan saat menonton film horor.

Apa jadinya jika melihat pria seperti itu?
Itu hanya sebagian kecil keunikan seorang wanita, dan jika wanita sudah sedemikan spesialnya, untuk apa sih terus mempermasalahkan persamaan gender? Wanita tidak membutuhkan itu, karena jika hal itu terjadi justru kedudukan wanita malah merosot. Dengan bangga saya mengatakan, wanita itu sangat istimewa dan memiliki derajat yang sungguh mulia.
Untuk apa seorang wanita meributkan dan mengambil alih tugas laki-laki menjadi imam dalam sholat?, jika senyum seorang wanita untuk suaminya saja akan mendapatkan pahala. Wanita yang hebat, bukanlah yang mampu mengalahkan ataupun mengalah dari pria. Justru banyak wanita hebat berperan dibalik kesuksesan seorang pria.

Contoh yang paling ideal, Ibunda Khadijah dalam mendukung perjuangan Rasulullah. Ibunda Khadijah yang sudah menjadi wanita sukses dan pengusaha yang hebat tidak lantas merasa harus menjadi imam dalam rumah tangga beliau, setelah menikah dengan Rasulullah yang sedang merintis jalannya menjadi seorang pebisnis. Atau yang dari barat sana, simaklah seorang Hillary Rodham Clinton, yang memilih untuk mendukung karir suaminya sebagai Presiden Amerika, walaupun dengan intlektual dan kemampuannya ia bisa saja bersaing dengan sang suami. Buktinya setelah Bill Clinton sudah tidak bisa lagi terpilih sebagai Presiden, gilirannya unjuk gigi.
Walaupun akhirnya dia tidak terpilih jadi Presiden dikalahkan pesaingnya Obama, namun perjuangannya menjadi wanita Presiden Amerika pertama adalah hal yang luar biasa. Dan yang terpenting, Kehebatan, keunikan, keindahan dan kemandirian seorang wanita bukanlah untuk menjadikannya anti laki-laki. Tidak perlu meniru prilaku suku Amazon, yang membutuhkan lelaki hanya sebagai penabur benih, untuk kelangsungan hidup sukunya. Sudah menjadi kodrat bahwa wanita dan pria hadir untuk saling melengkapi dan menciptakan keharmonisan.
Hidup bersama pria bukan ajang mencari gelar kemenangan ataupun adu kekuasaan. Karena bersama pria, wanita belajar berbagi, belajar mencintai dan dicintai, menghargai kehebatan orang lain dan menikmati penghargaan yang diberikan serta belajar timbang rasa, sehingga wanita bisa menikmati hidup yang lebih berwarna. Jauh lebih menyenangkan bukan?


KEPADA WANITA YANG JUGA MENCINTAIMU
Aku tak terkejut mendengar kisahmu, walau awalnya membuatku murung.
Kau! Bukan wanita pertama yang menyampaikan berita buram di pagi buta.
Bahwa kau sungguh mencintai dia lelaki yang bertitel kekasihku itu.
Sepotong wajah menawan itu, memang sanggup menarik bulan dari peraduannya.
Apalagi cuma kau, dia dan entah siapa lagi pernah merasa sama.
Namun tahukah kau, betapa tidak mengertinya dirimu tentangnya.
Laki-laki itu, tak pernah bisa memandangmu karena matanya telah buta sejak menatapku pertama kali.

Dia telah nyaman memelukku dengan lengan kokohnya, yang hanya pas untukku.
Pagi dingin ini, seperti biasa dia sedang merindukanku lewat tawanya di telingaku,
Rindu yang kau rindukan bukan? Sungguh, sia-sia usahamu,
Ah, sudahlah aku sungguh kasihan melihatmu.Tidak bisakah kau percaya padaku?
Tak mungkin ada cinta, bahkan untuk sisa sekalipun.
Semua sudah dia kapalkan dan dikirim dalam aliran sungai menuju hatiku.
Tapi baiklah, jika kau pura-pura tuli dan mengabaikan pesanku
Silahkan nantikan dia, dan lewatkan banyak waktu tanpa ada peluang berhasil.
Pagi yang tepat membuat puisi, dengan segelas susu coklat hangat menggantikan caffein yang sudah terlalu banyak menyumbang racun di tubuhku.
Puisi yang cukup aneh kupikir, namun okelah biar aku nampak seperti penyair betulan. Hahaha

Tak banyak penjelasan yang bisa aku katakan di puisi ini, sangat jelas apa yang ingin aku sampaikan.
Aku telah banyak belajar melalui waktu, bertemu banyak orang– untuk belajar bahwa ada yang harus dipertahankan dan ada yang boleh dilewatkan saja.
Sesuatu yang berharga memang akan mengundang banyak orang untuk memilikinya, untunglah aku lebih berharga baginya dari apapun, tak terkecuali …
Narsis, katanya adalah penyakit jiwa, tapi tak apa sedikit narsis untuk hal yang menyangkut dirinya.
Tapi buat semua wanita itu, terima kasih–kehadiran kalian mengajarkan saya rasa cemburu, belajar menghargai sesuatu, belajar mencintainya dengan lebih tulus, belajar rasa saling percaya, belajar menjadi lebih baik.
Morning All–Life is beautiful


CATATAN SEORANG GIGOLO
Baru semenit kau datang berpeluh di dahimu,
Berjumpa perempuanmu yang tak berwajah itu
Entah seperti apa rupanya kali ini…seperti kemarin aku hanya terdiam
Hati menangis sepi, disudut teras bercat buram
Terbayang bibirmu berkelana di sudut-sudut gairahnya
Mendesah resah dibalik rintihan dingin malam
Aku merindukanmu kekasihku,  rindu hatimu yang  tak berbelah,
Membelai egoku yang cemburu tak berukur
Tanpa perempuan tak bersemi sepi  menantimu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar